-->

Apple Hadirkan Teknologi Layar Safir



Apple Hadirkan Teknologi Layar Safir - Serba Serbi Gadget | Apple dirumorkan akan menggunakan material safir ke dalam layar perangkat besutannya, hal tersebut pun sudha dikonfirmasi oleh sang CEO, Tim Cook. Laporan terbaru, Apple sudah mendapat hak paten untuk penggunaan material safir di layar perangkat.

Dengan adanya paten ini, kehadiran iPhone dengan layar bermaterial safir pun kian nyata. Perusahaan raksasa asal Cupertino itu akan mengganti layar anti gores Gorilla Glass dari Corning dengan layar safir.

Seperti diketahui, batu safir adalah material paling kuat ke dua di dunia setelah berlian. Dengan menggunakan layar safir ini, tentunya fisik iPhone akan menjadi semakin tangguh. Demikian seperti dilansir PhoneArena, Sabtu (1/2/2014).

Apple Hadirkan Teknologi Layar Safir

Apple Hadirkan Teknologi Layar Safir - Dan untuk membentuk batu terkuat ke dua di dunia menjadi bentuk seperti iPhone, Apple membangun pabrik manufaktur khusus untuk memproduksi layar safir di Arizona. Sebelumnya, Apple juga dikabarkan sudah menggandeng perusahaan pemotong material safir.

Untuk diketahui, ini bukanlah pertama kali Apple menggunakan material batu safir untuk produksi iPhone. Sebelumnya pada iPhone 5S, Apple sudah menggunakan material safir untuk pelapis kaca lensa dan sensor TouchID.

Keputusan Apple berpindah menggunakan layar jenis safir menuai kritik dari Corning, perusahaan pembesut layar Gorrila Glass, yang selama ini Apple gunakan di produk-produk mereka sebelumnya.

Seperti berita yang kami lansir dari Cnet, dalam suatu acara konferensi teknologi Morgan Stanley, Corning melalui Wakil Presidennya, Tony Tripeny, melontarkan kritik tajam yang ia tujukan kepada Apple perihal penggunaan material layar safir.


Ketika ditanya pendapatnya tentang langkah Apple ini oleh James Fawcett, seorang analis dari Morgan Stanley, ia membela dengan menyatakan bahwa material layar safir lebih banyak kekurangannya daripada keuntungannya. Ia berujar, layar safir 10 kali lebih mahal, 1,6 x lebih berat, tidak ramah lingkungan, tidak efisien dalam penggunaan energi untuk produksinya, dan membuat perangkat mobile boros baterai. Gorrila Glass menurutnya 2,5 kali lebih kuat menahan tekanan daripada Safir.

Layar safir memang diklaim lebih kuat, namun Tony Tripeny mengatakan lebih lanjut bahwa untuk membentuk layar safir membutuhkan waktu 4000 kali lebih lama dengan temperatur sangat tinggi untuk melelehkannya dibanding Gorilla Glass. Kekerasan materialnya sendiri membuat produksinya mahal.

Di pertanyaan kedua James Fawcett bertanya apakah Safir lebih menguntungkan dibanding Gorilla Glass. Tony Tripeny menjawab bahwa jika Safir adalah produk yang menguntungkan untuk diproduksi, Corning akan dari dulu melakukannya.

Powered by Blogger